Saturday, February 15, 2014

What I Learn From My Malaysia Trip

Mengunjungi negeri serumpunnya Indonesia, Malaysia, memberikan kesan tersendiri bagiku. Melihat pesatnya pembangunan, majunya sistem transpotasi umum, hingga variasi etnis penduduknya, tidak salah jika tagline Malaysia Truely Asia disematkan pada Malaysia. Here is what I learn from My Malaysia trip with my parents:

  • Sistem transportasi publik yang maju adalah kunci untuk mengurangi kemacetan. Aku salut dengan pemerintah Malaysia yang berkomitmen tinggi dalam mengembangkan transportasi publiknya, seperti Monorail di Kuala Lumpur yang dibangun untuk menghubungkan setiap wilayah dengan cepat dan efisien. Kebetulan saat aku berkunjung, di daerah Bukit Bintang sedang diadakan pembangunan jalur monorail yang menutup sebagian jalan raya, namun apa yang dimaklumatkan pemerintahnya lewat board ini benar-benar membuatku terharu... hiks...
kapan ya pemerintah kita benar-benar membangun buat masa depan rakyatnya... 

  • Malaysia is the melting pot of Asia, I can undoubtedly say this. Semua ragam etnis Asia ada di Malaysia. Sebut saja etnis dari 2 bangsa besar Asia, China dan India, yang bekerja pada sektor apapun di Malaysia, dari yang paling kecil hingga yang paling top, dari cleaning service bandara hingga bos besar seperti Tony Fernades.
(source)

  • Walapun banyak kosa kata dalam Bahasa Melayu yang menurutku lucu dan aneh, namun di Malaysia Bahasa Inggris lebih terpakai dan lebih familiar daripada di Indonesia.
Bas Persiaran = Bus Pariwisata
  • Karena trip kali ini bersama dengan ortu, aku jadi lebih dekat sama ortu karena memang aku nggak tinggal di rumah. Aku jadi lebih tau kalau sekarang daddy-ku porsi makannya nggak banyak-banyak amat, nggak seperti kebanyakan laki-laki yang porsi makannya kuli.
My dad makan seporsi nasi lemak aja aku bantuin...
  • Oh iya, orang Malaysia pencinta lagu-lagu Indonesia lho. Soundtrack sinetronnya aja lagu Afghan dan lagunya Geisha yang Lumpuhkan Ingatanku. Lagu yang diputar di pasar-pasar juga lagunya Wali, Ungu, Cakra Khan, Govinda, BCL, dll.
  • Apa lagi yah... Hhmmm... Sepulang dari Malaysia Trip... hhmm... sepertinya aku dapat wangsit buat sekolah lagi deh... dan kali ini ingin sekali ngambil  di Malaysia. Daoakan yah, readers..!!!

2 comments:

  1. Amieen Siti :)
    sukses yaaa ...

    Yap, bener bangeeetsss, di KL bahasa inggris lebih sering di gunakan daripada di indonesia
    setidaknya jadi meningkatkan bahasa inggris saya yg masih belepotan ini :)

    ReplyDelete