Monday, March 28, 2016

Pengalaman Belanja di Bukalapak.com

Hi everyone!

Tepat satu hari setelah memposting my wishlist, aku memesan 1 unit meja portable Table-Mate di Bukalapak.com. Sebenarnya di Lazada atau Tokopedia juga ada, tapi setelah diliat-liat lagi, yang di Bukalapak ini harganya cukup oke (bukan yang paling murce loh yaa) dan setelah membaca review-review pembeli, pelapak (yang punya barang jualan) ini keliatan trusted gitu.



Setelah pemesanan komplit, aku langsung bayar aja pakai internet banking mumpung lagi online soalnya males buka laptop lagi nanti cuma buat bayar doang. Setelah melakukan pembayaran disebutkan kalau dalam 4x24 jam pelapak belum melakukan pengiriman, uang akan dikembalikan. Oh.. Ok, bagus juga sistem berjualannya. Uangnya di keep dulu sama Bukalapak, nanti baru dikasih ke pelapak setelah mengirimkan barangnya ke pembeli. Sebagai pembeli, saya merasa lebih secure dari kekhawatiran barangnya nggak dikirimin sama penjual.

Tunggu punya tunggu, sampai 4x24 jam belum ada konfirmasi apa-apa dari Bukalapak. Kebetulan hari ke-empat dari pemesanan adalah hari Jum'at tanggal 25 Maret, bertepatan dengan tanggal merah hari Paskah. Pagi hari Jumat pas buka email, ada konfirmasi kalau pembeliannya dibatalkan karena tidak ada konformasi dari pelapak. Di bawahnya dikasih option untuk  pencairan uang.


Setelah pikir-pikir sebentar, akhirnya aku pilih option pencairan uangnya. Agak males juga ribet buat nyari-nyari barangnya di pelapak lain. Lagipula, setelah liat-liat review meja Table-Mate, kok kayaknya mejanya rada ringkih dan gak begitu kuat ya?

Nah, untuk pengembalian uangnya, nanti dikasih form untuk mengisi nama bank dan nomor rekening pengembalian uangnya. Untuk beberapa bank pengembalian uangnya gratis, tapi untuk beberapa bank lainnya dikenakan biaya transfer antar-bank (Rp.6500 kalo nggak salah) yang dipotong dari uang belanja kita. Setelah mengisi form tersebut, kita tinggal tunggu pencairan uang kita yang diproses dalam waktu 1x24 jam hari kerja. Waktu itu aku dikasih notifikasi kalau proses pencairan uang di bank yang aku pakai lagi maintanance karena ada gangguan, jadi mungkin bisa memakan waktu lebih dari 24 jam.



Oh.. yo wis lah. Yang penting uangnya kembali aja, mau 1-2 hari nggak masalah.

Sore harinya, masih di hari Jumat tanggal merah itu, aku buka email lagi, dan dapat notifikasi kalau pencairan dananya sudah berhasil! Aku langsung cek rekening dan memang benar sudah ada kredit. Uangku kembali utuh tanpa ada potongan sepeserpun!



Wow! Salut sekali sama Bukalapak. Sistemnya bagus dan secure banget buat belanja online. Nggak heran kalau Bukalapak jadi perusahaan sebesar ini. Dua jempol deh buat Bukalapak.com.

Side note:
Alhamdulillah mulai hari ini aku bisa buka laptop pakai meja lungsuran dari kamar ibuku. Meja kayu biasa aja, tapi kuat dan nyaman. Tingginya pas, nggak bikin punggung sakit dan ada tempat buat naroh kakinya. Jadi sekarang uangnya bisa aku save untuk keperluan.... perpanjang paspor!

Ihiiiyyyy... I am going to travel soon, Insya Allah ^^. Doain yah supaya jadi dan lancar-lancar semuanya!

Thank you for reading!

1 comment: