Tuesday, April 1, 2014

Pengalaman Mengikuti Test TOEFL iBT

Bismillahirrohmanirrohiim

Karena sudah berniat untuk melanjutkan studi pasca-sarjana di Malaysia, skor TOEFL menjadi satu syarat mutlak untuk dimiliki. Umumnya hampir semua universitas di Malaysia mensyaratkan skor TOEFL minimal 550 untuk mode paper-based atau 79-80 untuk mode internet-based. Nah setelah aku ubek-ubek web ets.org/toefl, mode paper-based sudah tidak diujikan lagi di Indonesia. Jadi, sertifikat TOEFL resmi yang dikeluarkan di Indonesia adalah TOEFL iBT semata. So here I go...

Menetapkan Waktu, Lokasi dan Cara Pembayaran
Awal bulan Februari, sepluang dari Malaysia Trip, aku mulai sibuk browsing dan cari-cari cara pendaftaran test TOEFL iBT yang paling efektif dan efisien. Waktu itu aku datang ke lembaga International Testing Service (ITC) di Plaza Sentral Jl. Sudirman yang merupakan salah satu lembaga resmi tempat penyelenggaraan tes TOEFL iBT dan juga melayani pembelian voucher test-nya. Di sana dijelaskan kalau biaya resmi untuk mengikuti test TOEFL iBT adalah 175 US Dollar, dikalikan kurs yang waktu itu 12ribu sekian jadinya 2,2 juta Rupiah *menangisss.....*

Setelah menghitung-hitung tanggal, hari, dan bulan baik, akhir bulan Februari aku beranikan diri untuk daftar ikut test TOEFL iBT. Aku kembali mengontak ITC, ternyata harga voucher test-nya masih sama, 2,2 juta rupiah, padahal kurs USD saat itu sudah turun menjadi sekitar Rp. 11.600-an. Akhirnya aku putuskan saja untuk daftar mandiri di situs ets.org/toefl, lalu minta tolong Abang sepupuku untuk bantu bayar online dengan kartu kreditnya, kemudian nanti akan aku transfer sesuai dengan total pembayaran. Alhamdulillah selain dibantu bayar dengan kartu kredit Abang, Mama-nya Abang (kakak perempuan Ibuku) juga turut menyumbang separuh dari biaya test yang totalnya Rp. 2.073.099. Alhamdulillah... Thanks buat Mama dan Abang *hugs*

Aku memilih hari Sabtu/22 Maret sebagai tanggal test dan Kaplan Edupac di WTC Jl. Sudirman sebagai lokasi test dengan pertimbangan tempatnya paling mudah dijangkau serta pilihan lokasi test lainnya mayoritas berada jauh di daerah Jakarta Utara. Satu minggu sebelum hari-H, tepatnya Sabtu/15 Maret, aku datang untuk mengecek lokasi test yang terletak di Gedung WTC lantai 10 itu.

Setelah itu... 
Aku memiliki waktu sekitar 20 hari untuk benar-benar mempersiapkan diri mempelajari materi TOEFL iBT secara mandiri. Maka, karena mayoritas kursus persiapan TOEFL iBT sangat mahal dan tidak tersedia di banyak tempat, aku mendownload materi dan contoh-contoh soal dari internet dan mempelajarinya sendiri. Kuakui, effort-ku saat itu kurang maksimal karena dalam 20 hari tersebut ada beberapa hal yang membebani pikiran, termasuk deal dengan sebuah tawaran pekerjaan yang membuatku tidak tidur memikirkannya dan akhirnya dengan terpaksa... aku tolak. Jadi saranku, lepaskanlah beban pikiran terlebih dahulu saat mempersiapkan test TOEFL ini. Stay focus dan konsentrasi pada tujuan: nilai yang setinggi-tingginya.

About The Test: Persiapan, On The Spot dan Tips
Okeh, untuk masing-masing bagian dalam test TOEFL iBT ada baiknya aku jelaskan satu per-satu:

1. Reading
Sesi ini terdiri dari 3 artikel yang panjaaaang sekali dan  masing-masing artikel memiliki 14-16 pertanyaan. Total waktu untuk sesi Reading adalah 60 menit, berarti sekitar 20 menit untuk setiap artikel. Kita bisa melongkap jawaban yang dirasa sulit dan kembali mengoreksinya kalau waktu masih tersedia.
Persiapan: Aku mendownload contoh soal TOEFL Preparation dari ETS, aku print, trus aku kerjakan dengan mengeset stopwatch 20 menit. Hasilnya dari beberapa kali trial: paling banyak hanya betul setengah dari jumlah soal, waktu 20 menit aku rasa sangat kurang... dan akhirnya... aku jadi malas melanjutkan latihan ini... *jangan ditiru*
On the spot: Di sesi pertama test ini jantung masih berdegup kencang dan aku terus saja melirik pada stopwach yang tertera di layar. Aku coba fokus membaca paragraf demi paragraf artikel dan menjawab soal-soalnya. Untuk dua artikel pertama, aku kerjakan dengan membacanya sampai habis lalu menjawab soal-soalnya. Namun untuk artikel terakhir, waktunya tinggal 17 menit. Aku mulai ngawur dan meng-skimming satu per-satu paragraf lalu lompat ke pertanyaan. Mana ada pertanyaan di artikel kedua yang belum dijawab... duh... Waktu tinggal 48 detik, aku kembali ke pertanyaan yang tadi ditinggalkan, baca lagi paragrafnya, lalu mengklik jawabannya... Klik. Waktupun habis, layar komputer berganti. Fiuhh... Terus terang diantara semua sesi, aku paling pesimis dengan sesi Reading ini :'(
Tips: Latihan, latihan, latihan! Be curious tentang topik bacaannya. Simulasikan diri dengan mengerjakan soal-soal Reading dengan waktu 20 menit per artikel dan temukan gaya pengerjaanmu yang paling efektif, apakah dengan membaca seluruh artikel sampai habis, ataukah dengan meng-skimming.

2. Listening
Sesi ini terdiri dari 2 sampai 3 percakapan antara dua orang (antara sesama teman kuliah, antara dosen dengan mahasiswanya) dan 4 sampai 6 ceramah (lecturer) dari seorang dosen. Masing-masing percakapan dan ceramah memiliki 5-6 pertanyaan, total pertanyaannya aku nggak menghitung sih.
Persiapan: Sama seperti sesi Reading diatas, aku mendowload contoh-contoh soal dan berlatih dengan mendengarkan audio percakapan dan lecturer secara online.
On the spot: Aku sangat menikmati setiap audio yang diujikan karena suaranya sangat jelas dan intonasinya sedang. Tidak seperti sesi Listening pada 2 kali test TOEFL ITP yang pernah kuikuti sebelumnya (tahun 2011 dan 2013), dimana nilaiku selalu rendah pada sesi ini. Pembelaanku saat itu: audionya (kasetnya) nggak jelas karena menggunakan satu tape sentral dan ngomongnya terlalu cepat. Untuk test iBT ini, masing-masing peserta memakai headset yang bisa disesuaikan volumenya serta disediakan kertas dan pinsil untuk mencatat poin-poin penting percakapan. Percakapannya nggak bisa diulangi lagi, dan jawabannya nggak bisa dikoreksi atau direview kembali seperti sesi Reading. Aku cukup senang dengan kualitas audio-nya, tapi sebenarnya nggak begitu yakin dengan jawaban-jawaban yang kuberikan :'(
Tips: Latihan, latihan, latihan! Untuk kontennya sendiri, latih dirimu untuk  memahami sinonim atau frase-frase English, contohnya: What does the speaker mean by saying "He is really on the ball". Trus juga latihlah kemampuanmu buat mendengarkan ceramah/percakapan sambil mencatat poin-poin penting atau ide dari perkataan seseorang. Memang sih nggak mudah, tapi seenggaknya latihan akan membuat kamu familiar dengan bagian ini.

BREAK

Usai sesi Listening kita diberi waktu break selama 10 menit. Waktu break setiap orang berbeda-beda, tergantung kecepatannya menyelesaikan soal-soal dan apakah dia men-skip sesi direction di komputernya. Saranku sih, sesi penjelasan direction jangan di-skip, hitung-hitung memberi waktu sejenak untuk bernapas.

Waktu break aku manfaatkan dengan minum, makan roti, lalu ke toilet. Sebenarnya di ruang break ada satu kotak Dunkin Donats, tapi terletak begitu aja, nggak ada yang nawarin dan nggak ada yang inisiatif nanyain pula, pada segan kali ya... Yasudah akhirnya donat-donat gemuk itupun pada diliatin aja oleh para peserta, hehehe... Oh iya, waktu itu peserta test ada 14 orang dan sebagian besar adalah adek-adek Chinese yang aku perkirakan murid kelas 3 SMA dan pada ngobrol pake Bahasa Mandarin. Aku juga sempat ngobrol dengan seorang mbak-mbak berjilbab dari IPB yang katanya ingin melanjutkan studi ke Jepang.

3. Speaking
Sesi ini terdiri dari 6 pertanyaan: 2 pertanyaan umum, 4 pertanyaan yang meminta kamu merangkum/menjelaskan kembali sebuah teks, percakapan, sesi lecturer, dan campurannya.
Persiapan: Aku mendownload program audacity untuk merekam sendiri suaraku dan mendengarkan kembali hasilnya, apakah pengucapannya jelas, intonasinya terlalu cepat, dlsb. Aku pelajari tipe soalnya, dan mengkondisikan diriku untuk menjawabnya secara lisan dengan waktu yang dibatasi.
On the spot: Karena pernah bercita-cita jadi English news anchor, aku cukup enjoy dengan sesi ini, tapi yah gitu deh... Ada beberapa bagian dimana aku banyak "eee..." dan mengulangi kata yang diucapkan.
Tips: Latihlah dirimu buat speaking English dengan intonasi moderate dan pengucapan yang benar, mudah dipahami, dan nggak perlu spesifik menirukan aksen tertentu karena masing-masing orang punya ciri khas aksen/dialek tersendiri. Rekam suaramu dan dengarkan kembali, kalau perlu minta orang lain untuk mendengarkan, apakah bisa dipahami atau tidak. Trus latihan buat spontan merespon pertanyaan sehari-hari dengan Bahasa Inggris, contohnya: What did you cook yesterday?; Where will you go today?; atau Tell us how did you meet your best friend?

4. Writing
Ada 2 essay yang harus ditulis pada sesi Writing ini, yaitu integrated writing dan independent writing. Pada integrated writing kita akan menulis essay berdasarkan gabungan antara sebuah narasi dan sebuah percakapan/lecturer, sementara pada independent writing kita menulis essay mengenai pendapat kita terhadap sebuah topik tertentu.
Persiapan: Aku mendownload ragam model essay iBT dengan skor tertinggi kemudian menganalisa polanya. Trus aku menonton video di youtube tentang cara mengerjakan Writing di TOEFL iBT. Video yang aku temukan ini sangat bermanfaat untuk menambah pemahaman kita tentang sesi Writing sehingga kita jadi ada guideline untuk menulis essay agar jadi lebih terstruktur dan nggak nge-blank. Sayangnya aku menemukan learning video ini hanya beberapa hari sebelum hari-H pelaksanaan test, jadi nggak sempat menonton semua materi untuk TOEFL iBT :'(


On the spot: Aku mengerjakan kedua essay dengan cukup lancar, tapi ya gitu deh... Karena struktur essay itu menggambarkan pola berpikir penulisnya, aku yang agak lemot untuk mentranslasikan pemikiran menjadi tulisan ini jadi menghabiskan banyak waktu di bagian awal. Ditambah lagi... Mas-mas disebelah pake melirik-lirik ke layar komputerku segala, yang hanya dibatasi dengan sekat kaca bening transparan seperti di warnet. Konsentrasiku jadi buyar... Bagaimana ini... f$@#!&*#*@!. Akhirnya kubalas aja dia dengan melirik balik dengan tatapan nanar emosi "apa loe liat-liat?!"
Tips: Latihan, latihan, latihan! Menulis adalah menyampaikan isi pikiran kita, jadi berlatihlah untuk berpikir runut, terstruktur, salin ke dalam bentuk essay, dan jangan lupa sampaikan satu gagasan utama di setiap paragrafnya. Ambil beberapa contoh soal dan buatlah essaynya, kembangkan dengan penggunaan vocabulary yang beragam, grammar yang tepat, dan kata penghubung yang sesuai tempatnya.

10 hari kemudian...
Tepatnya hari ini, 1 April, sesuai jadwal pengumuman hasil test yang disampaikan di web ETS, aku membuka email dan menemukan inbox dari ETS kalau hasil test tanggal 22 Maret kemarin sudah tersedia dan bisa dilihat di account masing-masing. DEG! Aku takut dan pasrah, harap-harap cemas karena sama sekali nggak ada bayangan tentang performaku kemarin. Selama 10 hari ini aku mengira-ngira.. apakah dapat mencapai 80, atau hanya setengah dari 120, yaitu 60... bisa jadi 92... atau jangan-jangan melampaui angka 100...?

Aku buka hasilnya pelan-pelan, dan menutup layar dengan tanganku... WHATT!?!? 79!


Aku sempat bingung mau bereaksi seperti apa. Aku buka lagi tabel konversi nilai TOEFL dan persyaratan minimum untuk apply di universitas dan beasiswa... Fiuuh... Alhamdulillah... Skor 79 berarti sekitar 550 dalam skala paper-based dan sekitar 6,5 dalam skala IELTS.. Aku bernapas lega... tapi.. yah... itulah hasilnya.

source: Google

Ada sedikit sedih juga sich karena skornya tepat sekali di batas nilai minimum, tapi aku sadar bahwa itulah nilai dari usahaku and I deserve it! Semoga angka 79 ini membawa berkah untuk apply di universitas nanti. Aamiieen... Oh iya, menurut web, sertifikatnya akan dikirim ke alamat masing-masing dan memakan waktu sekitar 4 sampai 6 minggu untuk sampai karena dikirim langsung dari USA.

Kesimpulan:
Bagi teman-teman yang ingin mengikuti test TOEFL iBT, persiapkan dirimu sebaik-baiknya. Latihan, latihan, latihan! Practice, practice, practice! Belajar dari situs-situs seperti Engvid.com, englishclub.com, hotcourses.co.id, youtube, dlsb. If I can, you also can! Just believe in yourself dan jangan lupa berdoa tentunya. Good luck!

21 comments:

  1. thanks for sharing ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Datang di Blog Nomor Togel Tembus :
      Izinkan kami membantu anda semua dengan Angka ritual Kami..Kami dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan…Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
      Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
      1. Di Lilit Hutang
      2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
      3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
      4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat
      Jangan Anda Putus Asa…Anda udah berada Di blog yang sangat Tepat..
      Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..
      Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja…
      Jika anda Membutuhkan Angka Gaib Hasil Ritual Dari Eyan Guru
      2D,3D,4D di jamin Tembus 100% silahkan:
      Adapun Besar Biayanya tergantung Paket Kami berikan :
      1, PAKET 2D : Rp 500,000
      2. PAKET 3D : Rp 1,000,000
      3. PAKET 4D : Rp 1,500,000
      4. PAKET 6D : Rp 2,500,000
      Semua Biaya diatas tidak sebanding dengan angka ramalan yang kami berikan…
      Tapi ingat setelah anda succes dengan angka ritual kami..
      sisikan sedikit buat orang yang membutuhkan nya…!!!
      Dan Untuk Bisa Mendapatkan semua Angka kami silahkan Anda:
      FORMAT PENDAFTARAN
      Kpd Yth!! Bpk/ibu
      Yang Sedang Dililit Utang Kami Atas
      Nama Team Nomor Togel Tembus
      Bersedia Membantu Anda Dengan Angka GAIB,
      Hasil RITUAL Sendiri, Cara Bergabung Jadi Member ?
      KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#
      Lalu Kirim Ke No Hp Kami : ( 0853 4646 0583 )
      NB : Sebelum Anda Memutuskan Untuk Bergabung,Perlu Anda Pahami
      Bahwa Angka Yang Di Berikan Bukan Angka Acakan Atau Rumusan...
      Tapi Melalui Ritual Yang Telah Di Akui Banyak Orang Dan Sangat Bermanfaat...
      Tidak Menjanjikan Yang Manis-Manis Apalagi Sesuatu Yang Pasti Kami Tdk Mendahului Yang Maha Kuasa (ALLAH WATAALAH).
      Call Di Nomer : +6285346460583
      EYANG-GURU
      Jaminan 5x Putaran Gol berturut-turut
      Cuma 2 Lubang Tanpa Bb
      Thank’s Kawan..Semoga Aja Jp Dan Sehat Selalu..!

      Delete
  2. youre welcome... sama-sama
    gud luck!

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk sesi speaking tetap melalui komputer, jadi speaking nya kita direkam oleh komputer.
      Gud luck!

      Delete
  4. jika boleh saya simpulkan menurut mbak siti lebih efektif belajar mandiri dari pada kursus mahal-mahal
    benarkah begitu mbak ? Mohon asupannya

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung juga sih, apakah sebelumnya pernah mendapat materi TOEFL iBT, mengikuti kursus TOEFL, atau mencoba test TOEFL ITP mungkin.... juga tergantung seberapa PD dan kuat motivasinya utk belajar mandiri juga... dan waktu untuk mempersiapkannya juga penting tuhh... ^^

      Delete
  5. Mbak,, untuk speakingnya itu dikasih waktu berapa menit untuk menjawab?
    trus apakah kita njawabnya harus sebanyak2nya atau singkat padat jelas?
    Satu lagi,, tempat tesnya itu selain di jkt dimana aja?
    Matur nuwun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Duh, kalo berapa menitnya saya lupa, tapi kira-kira sekitar 45 detik sampe 1 menitan deh, nggak banyak memang waktu yang diberikan utk speaking di sesi speaking.
      Untuk menjawabnya yang singkat, padat, dan jelas dunk yahh. Latihan aja menjawab pertanyaan2 simpel seperti, "tell us where did you meet your best friend", atau "where did you go yesterday", dlsb.
      Kalo lokasi test, di Jakarta ada di beberapa tempat di Jakarta Selatan (seperti di IIEF atau Kaplan), Jakarta Utara (seperti di Kelapa Gading), dan juga Jakarta Barat. Lokasi test nya utk tiap bulan bisa berbeda-beda, jadi utk lebih jelasnya bikin akun aja di ets.org/toefl di situ jadwalnya tersedia kok.
      Oke.. Gud luck! xx

      Delete
  6. Salam kenal mba,,, wah pengalamannya sangat mirip dengan pengalaman saya. Sekedar cerita, sebelumnya saya ikut test TOEFL ITP terlebih dahulu, but well tanpa persiapan matang dan hanya mengandalkan belajar mandiri. akhirnya tes pertama TOEFL ITP dapat skor nyaris 500. Karena kebetulan juga ingin lanjut S2 di negeri malaysia juga akhirnya saya ikut lagi TOEFL ITP dengan belajar mandiri yg 'sedikit' lebih banyak akhirnya tembus >500. Namun sayang karena minimum requirement 550 dan akhirnya mau ga mau saya harus ambil test lagi. Kali ini yg saya ambil TOEFL IBT dan informasi di Indonesia ada di ITC Plaza sentral Sudirman. Akhirnya saya niatkan kuat dengan simulasi online, belajar mandiri dan buat suasana mirip dengan suasana aslinya. Akhirnya kmarin saya ikut TOEFL IBT dengan suasana yg juga hampir mirip dengan yg diceritakan. Sayapun berharap 10 hari kedepan ada keajaiban (minimal dapat score 79 juga dehh) hehehe...

    dan memang benar ketika awal masuk ruang tes untuk tes READING SECTION, kepala dan otak agak susah berkonsentrasi ditambah isi paragraf yg cukup panjang, tetapi untungnya LISTENING SECTION mudah diikuti dengan pertanyaan tidak begitu ngejelimet. tinggal berharap dengan latihan yang serba pas2an akan memberikan score tinggi di LISTENING dan WRITING.

    Kalau boleh tanya, buku TOEFL apa yg mba gunakan? (barangkali adik atau teman saya bisa cari utk dipelajari), Adakah tips dan trik saat speaking n writing (minta share ya kalau ada linknya)? adakah informasi kursus toefl yg murah meriah dan singkat?(saya pernah tanya untuk preparation course Toefl IBT Hampir 2 Juta per level dikali 4 level = 8 Jutaan, atau yg full tanpa level hampir 10 juta all in ckck) oh iya mohon izin juga untuk saya share artikel mba ini di blog saya. trims.

    ReplyDelete
  7. Sekarang tes TOEFL iBT sudah semakin mahal mbak. USD 190. Kalau kurs rupiah Rp 14 ribu, berarti tidak kurang dari Rp 2,6 juta lebih. Mana ekonomi lagi morat-marit lagi, he..he..

    Tapi, pengalaman yang dibagikan mbak sangat menarik. Mudah-mudahan banyak temen-temen yang ingin ikut tes TOEFL iBT bisa mengambil pelajaran. Oh ya, bagi yang baru mau mendaftar tes TOEFL iBT, ada panduan ebooknya yang bisa diunduh di sini: https://goo.gl/22L76t Barusan download juga sih..

    ReplyDelete
  8. Makasih banget mbak, infonya sangat membantu buat tahu gimana gambaran test toefl ibt :)

    ReplyDelete
  9. Senang berkenal dengan Mba Siti..

    Pengalaman yang sangat mengesankan mba, btw saya belum berani coba ikut tes toefl ibt karena belum siap lahir batin alias minder. padahal persyaratan masuk universitas yang saya idam2kan lumayan memasang grade toefl yang tinggi yaitu score 90 dan setiap section min score yaitu 21.

    itu sangat sulit sekali mba, btw makasih banyak juga mba kasih link dan tips yang memberi ide saya buat practice sendiri di rumah..

    semoga barokah dan salam hangat

    ReplyDelete
  10. Nice sharing (y). Should've open this earlier before I just took my test this morning

    ReplyDelete
  11. Halo Kak Siti, terimakasih infonya.

    Kalau boleh berbagi info, untuk rekan-rekan lainnya yang mungkin berminat: teman-teman bisa berlatih menghadapi TOEFL iBT dengan cara mengikuti tes prediksi / simulasi / try-out TOEFL online di ProfTOEFL.

    Teman-teman bisa ambil tes prediksi TOEFL iBT, beserta skor, identifikasi kelemahan dan saran untuk meningkatkan skormu. Sesuai tes yang asli, ini online jadi bisa diambil kapan saja dan dimana saja. Tim ahli kami terdiri dari native speaker dan kakak-kakak yang sedang ambil s2/s3 di Oxford University.

    Caranya gampang, bisa klik disini: http://proftoefl.com/daftar-tryout-tes-toefl-online

    Semoga sukses ya!

    ReplyDelete
  12. Terima kasih atas infonya min. sangat berguna semoga ttp update terus bloggernya bagus

    ane mau titip ini ya min siapa tau ada yang tertarik untuk mengikuti kontes SEO gabung aja gratis
    KONTES SEO

    ReplyDelete
  13. Jasa Urus Sertifikat TOEFL & Ijasah TERPERCAYA - Tanpa Tes,Asli,Legal,Murah csdokumen
    SERTIFIKAT TOEFL (LIA/ILP/EF/ELTI/ITP/IBT,DLL) ASLI DAN TERMURAH..
    dijamin kerahasiaan dan keaslian 100%?!!
    sertifikat toefl,dll DIJAMIN 100% AMAN DAN DAPAT DIGUNAKAN UNTUK BERBAGAI KEPERLUAN SEPERTI: daftar cpns, kuliah, beasiswa luar negeri, kerja dll,...

    *************
    TOEFL
    *************

    - ILP
    - ITP
    - IELTS
    - TOEIC
    - TBI
    - INLINGUA
    - ENGLISH FIRST / EF

    *************
    IJASAH
    *************

    - SMA
    - S1
    - S2

    *************************
    SURAT DOKTER
    *************************

    -----------------------
    RUMAH SAKIT
    -----------------------

    - SILOAM KEBON JERUK
    - PREMIER JATINEGARA
    - PURI INDAH

    ------------------------
    SUDOK KLINIK
    ------------------------
    - JABODETABEK


    Di atas itu masa berlaku toefl dan ijasah yang saya jual
    proses sehari jadi.

    Untuk harga bisa pm saya :

    Contact Person :

    HP : 08128866998 (CALL/SMS/WA)
    BBM : D81DEF89
    Blog : Danieltoefl.blogspot.com

    ----> HANYA 1 NOMOR INI DAN BBM INI SAJA

    Cara Order: Anda Isi Data : Nama lengkap, tempat tanggal lahir, score, tanggal test dan alamat kirim.

    Jasa Pembuatan Sertifikat TOEFL dengan detail sebagai berikut :
    - Tanpa tes / skor semaunya atau bisa di tentukan
    - 100% ASLI
    - Aman dan Cepat

    bisa untuk melamar kerja, swasta, BUMN/BUMD, CPNS
    atau apply beasiswa, magister, doktor, dalam dan luar negeri,
    syarat wisuda, sidang skripsi/thesis dan lain2

    ReplyDelete
  14. Permisi Agan-agan sekalian, Naah Jumpa lagi dengan ane Abidin.Seto di sini ane menyediakan jasa pembuatan Sertifikat TOEFL Dan IELTS Resmi
    Toefl Dan IELTS yang saya sediakan 100% Original dan Scors sesuai kemauan agan sekalian.

    Berikut Toefl dan Ielts yang saya sediakan

    -TOEFL ITP
    (LBI FIB UI)
    (UPT BAHASA ITB)
    (EF English First)
    (PPB UGM)
    (ILP Pancoran)
    (Lia Pramuka)
    (CILACS UII)
    Reques Lembaga lain pun bisa.

    -TOEFL PBT
    (TBI)
    (ILP CIKINI)
    (ILP TOEIC)

    Berikut data yang di perlukan untuk pembuatan/pemesanan TOEFL

    TOEFL :
    Lembaga :
    Jenis Kelamin :
    Scors :
    Tgl tes :
    Tgl lahir :
    Alamat Pengirim :
    No HP :

    -IELTS
    (IDP
    (IALF)
    (BC British Council)

    Berikut data yang di perlukan untuk pemesanan/pembuatan IELTS

    IELTS :
    Jenis Lembaga :
    First Name :
    Family Name :
    Scors :
    Tgl Tes :
    Tgl Lahir :
    Foto Latar merah/biru baju kemeja di kirim via email saya :
    Alamat pengiriman :
    No HP :

    Untuk pemesanan TOEFL Dan IELTS bisa menghubungi saya melalui

    HP/WA : 082168610824
    Pin BB : D43AA9E0
    Email : Abidin.Seto15@gmail.com

    Kunjungi juga Blogger kita di bawah inii

    http://abidinsetotoeflieltsindonesia.blogspot.co.id/
    http://sertifikattoeflieltsindonesia.blogspot.co.id/2016/12/jasa-pembuatan-sertifikat-toefl-dan.html

    Best Regards By : AbidinSeto Foundation

    Anda Puas Beritahu Teman.
    Anda Kurang Puas Beritahu KAMI!!

    ReplyDelete