Tuesday, January 9, 2018

ASUS Vivobook Flip TP410UR: The Laptop Everybody Wants

Hampir satu tahun terakhir aku ber-dormansi dari dunia blogging. Hal ini bisa dilihat dari sepinya entry blog dan aktivitas blogwalking lainnya. You know what, salah satu alasan utamanya adalah karena laptopku yang bermasalah. Ada kerusakan pada mainboard laptop sehingga suka mati sendiri dan nggak kuat kalau dibawa online. Hingga akhirnya ia benar-benar memasuki masa bebas tugas satu bulan yang lalu dan mewariskan hard disk internal yang harus dikeluarkan dari perut laptop sebagai satu-satunya warisan paling berharga bagiku sebagai pemilik.

So, hampir sebulanan terakhir aktivitasku benar-benar tertatih-tatih dengan meminjam laptop ibu dan adikku sembari hunting laptop baru. Aku mengoleksi brosur katalog laptop dari toko-toko komputer. Memilih laptop memang gampang-gampang susah. Saat ketemu spec yang diinginkan, harganya tidak cocok. Saat ketemu harga yang sesuai dengan budjet, spec nya tidak mumpuni. Jadi bisa diterka dong yaa budjetku tidak banyak-banyak amat namun spec yang dibutuhkan cukup tinggiπŸ˜—. Hingga suatu hari aku melihat notifikasi di youtube Diana Rikasari yang membuka giveaway laptop Asus Vivobook Flip TP410UR. Nah ini dia laptop keren jaman now dengan spec yang aku cari! Seperti apa sih Asus Vivobook Flip TP410UR itu..?

 
Picture from ASUS.com 

Disain Stylish
Asus Vivobook Flip TP410UR hadir dengan disain elegan dan inovatif karena engsel layarnya yang bisa dilipat 360 derajat dan bertransformasi menjadi 4 bentuk, yaitu 2 mode laptop, tablet dan standing display. Bobotnya hanya 1,6 kg, ketebalannya 14,8 mm dan bodi serupa laptop 13 inci namun bentang layar layarnya touch screen 14 inci dengan resolusi Full HD 1980x1080 piksel. Material utamanya terbuat dari logam yang diberi finishing dengan disain gaya hairline berselimut warna grey, membuatnya kelihatan lebih elegan dan berkelas. Dengan interface super kece sedemikian, siapa sih yang tidak langsung naksir pada pandangan pertama?
Disain ini cocok banget buat aku yang sering mobile dan harus menyiapkan bahan untuk mengajar di kelas, sehingga bisa menggunakan mode laptop untuk mengedit presentasi dan mode tablet saat menyampaikan presentasi. Kalau ingin menonton film tinggal dijadikan standing display. Layarnya yang lebar dengan resolusi Full HD yang tajam bisa membuat satu keluarga bagaikan nonton film di bioskop!

Prosesor, Kapasitas Penyimpanan, Konektivitas dan Baterai
Selain disain interface yang kece, hal yang sebenarnya paling penting dari seperangkat laptop tidak lain dan tidak bukan adalah prosesor. Saya bersyukur Asus Vivobook Flip TP410UR tidak hanya lahir dengan disain yang trendi namun juga prosesor yang paling unggul di kelasnya, Intel Core-i7 generasi ke 7, yaitu Intel Core-i7 7500U. Sebelumnya saya tidak begitu ngerti apa itu prosesor yang unggul, namun sejak hunting laptop beberapa minggu belakangan saya mulai paham bahwa prosesor atau brainware atau "otaknya komputer" inilah yang sejatinya kriteria paling penting dalam mencari laptop. Varian Intel Core-i7 memiliki kinerja paling baik dibandingkan dua varian Intel Core yang lain yaitu Core-i3 dan Core-i5. Dengan prosesor Intel Core-i7, laptop memiliki kemampuan untuk menjalankan berbagai program dengan lebih cepat dengan performa multitasking yang lebih baik. Jadi tidak salah jika laptop dengan prosesor Intel Core-i7 umumnya memiliki harga yang lebih tinggi.

Kehebatan prosesor Intel Core-i7 7500U pada Asus Vivobook Flip TP410UR ini juga didukung oleh Random Access Memory (RAM) 16 GB, Harddisk Drive (HDD) hingga 1 TB dan Solid State Drive (SSD) hingga 256 GB. Laptop akan bekerja dengan performa yang lebih baik dengan kapasitas program yang lebih besar sehingga tidak gampang lemot atau hang. Bikin gengges nggak kalau lagi asik online di Facebook, sambil download film, sambil edit file presentasi, sambil denger lagu, sambil ngopy file, sambil edit foto, terus harus merevisi data menggunakan program statistik yang terkenal berat, terus tiba-tiba laptopnya lemot, terus hang, terus not responding, terus harus restart, terus semua yang dikerjakan tadi menghilang karena belum tersimpan?? Huaa bisa nangis bombay 😧😧😧. Ini pernah kejadian loh di aku dan bikin trauma banget.
Nah, kira-kira seperti itu gambarannya. Dengan Asus Vivobook Flip TP410UR yang memiliki prosesor Intel Core-i7 7500U dan kapasitas RAM yang besar, nggak perlu khawatir lagi dengan performa laptop dalam menjalankan berbagai program yang seringkali harus dikerjakan dalam waktu yang bersamaan. Kapasitas Harddisk hingga 1 TeraByte juga bikin hati tenang untuk menyimpan file, foto dan seluruh koleksi film Bollywood favorit πŸ˜‰

Soal konektivitas, Asus Vivobook Flip TP410UR terdiri dari port USB Type-C(R) yang revolusioner yang terdiri dari satu port USB 3.0, dua USB 2.0 standar dan HDMI untuk koneksi dengan perangkat lainnya serta untuk transfer data dengan kecepatan super.

Hal lain yang bikin aku trauma dari laptop sebelumnya adalah performa baterai yang menurun seiring pemakaian. Bagaimana dengan Asus Vivobook Flip TP410UR?
Saat terisi penuh, baterai Asus Vivobook Flip TP410UR dapat tahan seharian, sehingga nggak perlu khawatir tidak kebagian colokan. Selain itu, baterai Vivobook Flip dibekali dengan teknologi Asus Battery Health Charging yang memungkinkan pengguna untuk mengatur persentasi pengecasan hingga 60%, 80% atau 100%. Sehingga dapat memperpanjang usia baterai dan mengurangi peluang kerusakan baterai akibat gembung karena dicash terlalu lama.

Windows 10 Original dan Garansi Asus 2 Tahun
Oh ya, salah satu penyebab yang bikin aku maju-mundur beli laptop di store adalah banyak store tidak memberikan perangkat sistem operasi Windows yang asli pada laptop. Jadi, misalnya di brosur dicantumkan harga Rp 7.000.000, namun Windows nya versi trial alias tidak ori. Ketika ditanya, kebanyakan menjawab Windows aslinya tidak tersedia ataupun jika tersedia maka harus menambah bayar lagi sekitar 20% dari harga laptop semula.
Tau sendiri kan, kalau sistem operasi Windows yang tidak asli itu tidak bisa diupdate, tampilan wallpapernya blank, ada watermark di kanan bawah layar yang sangat mengganggu dan rawan crash. Memang harga yang ditawarkan jauh lebih murah tapi tahu nggak dengan menggunakan Windows yang tidak ori, secara tidak langsung kita sudah ikut mendukung praktik pembajakan hak cipta. Kasian kan para engineer Windows sudah susah payah membuat program Windows 10 kita tinggal copy tanpa bertanggung jawab. Maaf yaa para engineer saya pernah pakai yang tidak ori dan saya menyesal karena selama enam tahun harus install ulang Windows sebanyak tiga kali πŸ˜“πŸ˜“. Waktu itu kan saya tidak tahu, sekarang saya sudah tahu dan ingin banget punya laptop dengan Windows original. Makanya ikutan giveaway ini karena laptop Asus Vivobook Flip TP410UR ini sudah terinstall Windows 10 ASLI serta ada garansi 2 tahun dari Asus. Bikin tenang deh πŸ’™
Dengan segudang spefisifikasinya yang tidak perlu diragukan lagi, Asus Vivobook Flip TP410UR is a laptop everybody wants!

Semoga aku bisa menang giveaway ini yaa sehingga aku bisa melanjutkan postingan pengalamanku nonton MotoGP Sepang 2017 yang seru banget dan banyak postingan lainnya, seperti pengalamanku cabut gigi bungsu akhir November kemarin, hingga liburan tahun baru di Singapore yang tentunya setiap postingan dipenuhi dengan foto-foto yang keceπŸ˜‰!

No comments:

Post a Comment