Saturday, February 2, 2013

Why India? (Plus Trip Itinerary)

Haaampir semua orang yang kuberitahu tentang rencana jalanku ke India memberi respon yang negatif. Mau ngeliat apa di India? Mau ketemu Shahrukh Khan (ngeledek)? Negara kumuh, bau, dan orang-orangnya jahat gitu? Bla.. bla.. bla..
Alamak... Sebegitu jeleknya-kah reputasi India sebagai negara tujuan wisata di mata orang Indonesia? 
Jujur aku sendiri juga bingung menjelaskannya karena begitu banyak alasan kenapa aku ingin sekali menginjakkan kaki di negeri Mahatma Gandhi ini, tapi yang pasti inilah awal ketertarikanku pada India:
Semester 6 kemarin aku mengikuti mata kuliah Bahasa Inggris 2, dan tugas akhir dari mata kuliah ini adalah oral presentation tentang satu negara secara utuh mulai dari sejarah, bentuk pemerintahan, lokasi geografis, ekonomi, sosial-budaya, kesehatan, pendidikan, seni, makanan, dan lain sebagainya. Setelah dilakukan pengundian tentang negara-negara di 5 benua, aku dapat India. Mulanya aku pikir, ih... India? Rasanya aku lebih senang kalau disuruh mengeksplor negara-negara maju Eropa seperti Inggris atau Jerman, tapi... ya... sudahlah... Pencarianpun dimulai.

Aku mulai browsing-browsing tentang India dari berbagai aspek untuk dipresentasikan di depan kelas. Pencariannya nggak main-main tentunya karena presentasi ini menyangkut nilai mata kuliah. Seiring berjalannya waktu, aku menemukan banyak hal-hal menarik seputar negeri Sungai Gangga ini, seperti keragaman agama, seni dan budaya, makanan, sumber daya alam, serta karakter orang-orangnya. Coba bayangkan deh, India itu populasinya bueeesaaaar banget, tersebar dimana-mana di seluruh dunia, dan-setelah kuamati-selalu muncul dalam cerita-cerita populer baik fiksi maupun non-fiksi.

JK Rowling saja memasukkan karakter penyihir kembar Padma Patil dan Parvati Patil sebagai teman satu asramanya Harry Potter. Dalam buku Edensor, Andrea Hirata menulis bahwa ia bersahabat dengan seorang India yang menjadi pesaingnya dalam lomba backpacking keliling Eropa. Pada cerita anak-anak Charlie and The Chocolate Factory, Roald Dahl memasukkan karakter Raja India yang meminta Willy Wonka untuk membuat istana yang terbuat dari cokelat. Dalam film-film Hollywood juga banyak ditemukan karakter orang India mulai dari pemain figuran seperti supir taksi, perawat, penjaga toko, mafia, miliuner, dokter, hingga profesor. Sampai iklan Windows 8 di Indonesia yang mulanya tayang dengan lagu bahasa Inggris sekarang berubah jadi versi India dengan musik dan tari yang enerjik, yiiihaaaaa.... Indian is everywhere lah pokoknya...

Belum lagi kehidupan beragama di India yang lebih beragam dari Indonesia--dari Hindu, Islam, Sikh, Budha, Jain, Nasrani, Jewish--dan tidak ketinggalan sistim pendidikan yang menurutku pribadi patut diacungi jempol (walaupun dalam praktiknya masih kuno banget).

Setelah jatuh hati dengan keunikan-keunikannya, aku mulai cari peluang "mungkin nggak yah aku menginjakkan kaki di India?" Alhamdulillah setelah niat dan usaha yang bersimbah keringat dan bercucuran air mata, aku berhasil menjemput kesempatan emas untuk mewujudkan mimpiku ke India dengan biaya pribadi alias nabung dan bekerja sambilan selama lebih kurang 9 bulan lamanya. Bersama dengan seorang teman, kami menyusun rencana untuk mengeksplor India bagian timur dan utara selama 15 hari dengan itinerary sebagai berikut:
  • 14 Jan 2013: Jakarta-KL (by airplane)
  • 15 Jan 2013: KL-Kolkata (by airplane)
  • 16 Jan 2013: Kolkata-New Delhi (Second AC Class Train)
  • 17 Jan 2013: New Delhi (visiting Lotus Temple, Qutb Minar, Lajpat Nagar)
  • 18 Jan 2013: New Delhi
  • 19 Jan 2013: New Delhi-Agra (by train, visiting Taj Mahal, Agra Fort, Fatehpussikri), Agra-Khajuraho (by train)
  • 20 Jan 2013: Arrive in Khajuraho (visiting Khajuraho Temple), Khajuraho-Varanasi (by train)
  • 21 Jan 2013: Arrive in Varanasi (visiting Gangga River, Kashi Vishwanath Temple, and seeing Aarti Ceremony), Varanasi-New Delhi (by train)
  • 22 Jan 2013: Arrive in New Delhi
  • 23 Jan 2013: New Delhi
  • 24 Jan 2013: New Delhi-Amritsar (by train, seeing flag-closing ceremony at Attari Border)
  • 25 Jan 2013: Amritsar (visiting Golden Temple), Amritsar-New Delhi (by train)
  • 26 Jan 2013: New Delhi (seeing Republic Day Ceremony Parade)
  • 27 Jan 2013: New Delhi-Kolkata (by train)
  • 28 Jan 2013: New Delhi-Kolkata (by train)
  • 29 Jan 2013: Kolkata-KL (by airplane)
  • 30 Jan 2013: KL-Jakarta (by airplane)

Here is the map:


4 comments:

  1. Wah, sama mbakk.. aku juga punya rencana ke India akhir tahun ini. Temen2 aku juga banyak yang ngeledek... India itu kan rawan, kumuh, panas, macet, blablabla.. Mereka juga bilang kalo aku ke India karena pengen ketemu Shah Rukh Khan, maklum aku ngefans banget sama doi..hehehhe.. salam kenal mbak... aku Yanet dari Lombok.. :)

    ReplyDelete
  2. Wah senang bisa ketemu sesama pencinta dan backpacker ke India..

    Alhamdulilah saya juga sudah ke India Sept-Okt 2014, dan hasilnya bikin nagih serta jatuh cinta.


    Salam kenal mbak Siti,
    Danubrata

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah membaca.
      salam kenal kembali :)

      Delete