Sunday, May 5, 2013

Philips: Dari Belanda, Menerangi Dunia

"Terus terang Philips terang terus"

Siapa yang tidak familiar dengan jingle iklan lampu Philips yang sering wara-wiri di televisi ini? Rasanya hampir semua orang pernah mendengarnya. Tapi sayangnya tidak semua orang tahu kalau Philips ini berasal dari Belanda dan masih banyak yang mengidentikkannya sebagai pabrik lampu semata. Inilah sedikit ulasannya.

Gerard Philips
The Philips Company didirikan pada tahun 1891 oleh Gerard Philips. Didanai oleh ayahnya, Frederik—yang berprofesi sebagai seorang banker, Gerard memulai pembangunan pabrik kecilnya di kota Eindhoven dan memproduksi lampu karbon serta berbagai perangkat elektronik. Setelah melalui tahun-tahun pertama yang sulit, Gerard mengajak adiknya Anton untuk bergabung menyelamatkan Philips yang saat itu berada di jurang kebangkrutan. Walaupun berlatar pendidikan insinyur, Anton bekerja sebagai sales representative. Ia kemudian sukses menghasilkan ide-ide inovatif bagi perkembangan Philips hingga menjadi perusahaan elektronik multinasional paling disegani di Belanda.

Tidak hanya memproduksi lampu, Philips mulai memproduksi perangkat elektronik seperti alat cukur elektrik, radio, televisi tabung, tape, kaset, CD, dan sikat gigi elektrik. Karena derasnya kebutuhan akan perangkat rumah tangga elektronik dari seluruh dunia, pusat produksi dan head office Philips mulai berdiri di berbagai negara seperti di Amerika Serikat, Australia, China, India, Brazil, dan negara-negara lainnya termasuk Indonesia.

Seiring inovasi yang dilakukan terus menerus, Philips mengklasifikasikan produknya menjadi 3 kategori, yaitu peralatan rumah tangga, lampu, dan peralatan kesehatan.

Peralatan rumah tangga
Dimulai dari vacuum cleaner sederhana, Philips kemudian memperkenalkan produk-produk yang mempermudah pekerjaan rumah tangga lainnya seperti alat cukur elektrik, radio dengan built-in loudspeaker, tape, dan stirling engine. Peralatan-peralatan elektronik sederhana tersebut lalu menjadi perintis penemuan perangkat elektronik rumah tangga lainnya, baik yang dikembangkan sendiri oleh Philips maupun oleh perusahaan lain. 

Lampu 
Sebagai produk pertama yang membuat namanya mendunia, Philips terus melakukan inovasi terhadap produk andalannya ini. Jika dulu Philips menjadi pionir dalam mengembangkan bulb lamp atau lampu pijar, kini Philips menjadi pelopor dalam produksi lampu LED (light-emitting diode) atau lampu hemat energi. Pada tahun 2011, Philips meraih hadiah 10 juta USD pada L-Prize competition yang diselenggarakan oleh US Department of Energy. Philips berhasil memproduksi lampu hemat energi dengan efisiensi terbaik untuk lampu standar 60 watt.

Tugu Surabaya kini lebih terang
Pada April 2013, Philips bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya untuk menerangi Tugu Pahlawan Surabaya dengan warna-warni lampu LED yang hemat energi hingga 80%. Dalam penerangan Tugu Surabaya ini, Pemkot Surabaya cukup mengeluarkan anggaran Rp9 juta/tahun untuk pemakaian 2.400 watt/tahun, berbeda dengan penggunaan lampu biasa atau HID yang sebelumnya menghabiskan 8.000 hingga 10.000 watt/tahun sehingga Pemkot bisa menghabiskan anggaran Rp36 juta/tahun.

Pada acara yang bertemakan Kota Terang Hemat Energi (KTHE) ini, Philips juga memperkenalkan lampu LED yang tahan hingga 15 tahun dan hemat energi sampai 85% untuk konsumen rumah tangga sebagai pengganti bohlam lampu sebelumnya/lampu pijar. 

Peralatan Kesehatan
Perkembangan di bidang kesehatan memacu Philips untuk mengembangkan alat-alat kesehatan mutakhir, baik untuk deteksi maupun pengobatan penyakit seperti mammogram dengan radiasi dosis rendah, ultrasonografi (USG), MRI, PET/CT, hingga mengembangkan teknik operasi tanpa sayatan. Teknologi tersebut sudah banyak diadaptasi oleh berbagai negara, diantaranya Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab. WHO pun memberi rekomendasi kepada Belanda untuk terus mengembangkan teknologi dan inovasinya dalam bidang kesehatan. 

Referensi

2 comments:

  1. Artikelnya cukup menarik. Bila bicara mengenai para penemu pada masa-masa awal tentu akan selalu menarik untuk dikenang..!!

    ReplyDelete